Jumat, 24 Februari 2012

MENGAKSES WEBSITE

   Pengertian Web Browser

Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk
mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer.
        macam-macam web browser
  - Mozila firefox
  - Internet eksplorer
  - Google chrome
  - Apple safari
  - Opera

       Web browser yang menyatu dengan sistem windows
  Web browser yang sudah menyatu dengan sistem windows yaitu internet eksplorer ini sudah di siapkan oleh sistem windows jadi kita tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu.
   
  langkah-langkah menjalankan browser
    a.klik star
    b.pilih program
    c.klik internet explorer
    d.komputer akan siap menjalankan software internet explorer
2.Menulis Alamat Website
    website memiliki sebuah alamat untuk menunjukan letek keberadaannya.hal ini dapat diumpamakan seperti sebuah rumah, di dunia ini terdapat ratusan juta atau bahkan ribuan juta rumah yang berisi beragam manusia beserta sifatnya.dan salah satu petunjuk yang paling pentingadalah alamat rumah.agar browser membawa kita ke sebuah website berdasarkan alamatnya,kita harus memasukkan alamat itu kedalam lokasi yang tepat.
  dalam tampilan software internet explorer terdapat sebuah kota yang panjang dan di samping kiri kotak tersebut tertulis addres.kotak ini lah yang harus kita isi sesuai dengan alamat yang kita tuju yang berisi informasi yang kita sukai dan inginkan.contoh; masukkan alamat http://www.astaga.com> klik go atau enter
3.Bentuk dan contoh Alamat website
   Alamat website memiliki anatomi,tetapi bentuknya tidak mirip dengan alamat rumah teman kita.Alamat website lebih sederhana meskipun kita wajib teliti saat menuliskannya supaya browser tidak membawa kita ke alamat yang salah.bentuk alamat website.
                      http:www.nama domain    
4.mengenal domain 
   Alamat internet memiliki sebuah kode yang dinamakan dengan domain.kode ini terletak dibagian belakang sebuah alamat website.
contoh: a.http://www.telkom.net
            b.http://www.pikiranrakyat.com
            c.http://www.rcti.co.id
5.mengenal link
   link atau nama lengkapnya hyperlink,merupakan semacam pintu yang menghubungkan satu halaman website dengan halaman-halaman website yang ada atau alamat website yang lain.
  adapun fungsi dari link diantaranya:
    a.untuk menghubungkan dari satu halaman website kehalaman lain
    b.untuk menghubungkan dari satu halaman website ke alamat website lain
    c.untuk menghubungkan dari satu halaman websiteke alamat e-mail
    d.untuk menjalankan sebuah aplikasi misalnya memperdengarkan musik, gambar bergerak,menyimpan program dan lain sebagainya.
6.Mencari Link
   ada beberapa ciri untuk mendapatkan link yaitu :
    a. teks yang mengandung link biasanya bergaris bawah
    b. sebuah link,apakah berada dalam sebuah teks atau gambar,akan merubah bentuk kursor mouse dari anakan panah menjadi gambar tangan.
7.Mengklik Link
     cobalah kita masuk kesebuah website dengan menulis alamat website itu terlebih dahulu.setelah itu,kita gerak gerakkan mouse dan amati bentuk kursor mouse.apabila berubah bentuk dari anak panah menjadi gambar tangan diatas sebuah teks atau gambar, artinya teks atau gambar itu mengandung link.klik lah tombol kiri mouse pada link itu dan kita akan dibawa ke halaman lain.
8.Menyimpan alamat websiteatau
    suatu ketika kita  ingin memiliki atau menemukan sebuah alamat yang akan membawa kita ke sebuah website yang menawarkan informasi dan teknologi yang sangat kita butuhkan dan alamat tersebut tak ingin dilupakan begitu saja,barangkali kita akan menuliskan kedalam secarik kertas dan menyimpannya ditempat pribadi kita .hal tersebut sebenarnya tidak perlu, karena software internet explorer menyediakan fasilitas khusus yang dinama kan dengan FAVORITES yang fungsinya untuk menyimpan alamat-alamat website yang menarik.
  langkah-langkahnya sebagai berikut :
   a.ketiklah alamat website yang menurut kita sukai dikotak addres dan tekan enter
   b.lalu tekan lah menu favorites
   c.pilihlah Add to favorites

 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar